Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Selatan

Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Selatan

Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Selatan info lebih lanjut hubungi AMG Clinic 02144403939

Sensori integrasi (SI)adalah bagaimana cara seseorang untuk mengatur informasi yang diperoleh dari lingkungan disekitarnya sehingga informasi tersebut dapat digunakan sesuai dengan situasi. Yang termasuk dari kategori “sensori” adalah panca indera, yaitu mata, hidung, telinga, kulit dan lidah dan juga dua sistem sensorik lain yaitu vestibular yang berkaitan denga keseimbangan dan proprioseptif yang berhubungan dengan kerja otot dan sendi. Kedua sistem ini seringkali disebut the hiddn sense, karena kedua sistem ini tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Apabila anak mengalami kesulitan dalam mengolah informasi yang diterimanya, maka anak tersebut dikategorikan dalam ganggua sensori integrasi (SI), seperti :

  • Terlalu sensitive terhadap suara, sentuhan maupun gerakan
  • Aktifitasnya terlalu berlebihan dan banyak gerak atau ada juga yang sebaliknya, cenderung diam dan takut untuk bergerak
  • Suka memilih – milih, baik itu makanan maupun baju yang dia kenakan
  • Biasanya terdapat juga keterlambatan bicara dan prestasi akademiknya menurun

Anak yang mengalami gangguan SI diibaratkan seperti arus lalu lintas di jalan raya yang sedang macet, sehingga kendaraan yang melewati jalan tersebut menjadi pelan jalannya atau bahkan tidak bisa bergerak sama sekali. Demikian juga dengan proses di dalam otak, informasi dari lingkungan sekitarnya yang diterima oleh anak yang memiliki gangguan SI tidak dapat dip roses dengan baik sehingga respon yang muncul dari anak tidak sesuai dengan stimulus yang diterimanya, misalnya ketika anak dipanggil namanya dia tidak menoleh atau saat mandi lalu kepalanya dibasuh dengan air dan keramas atau mukanya diusap dengan air maka dia akan menangis.

Terkadang bagi orang tua yang awam, anak yang memiliki gangguan SI dianggap sebagai anak yang manja, padahal sebenarnya mereka merasakan bahwa informasi atau input yang diterima si anak itu bagi dia sangat tidak mengenakkan atau bahkan menyakitkan. Untuk itu deteksi dini sejak anak berusia sekitar 0-2 tahun sangat penting dilakukan untuk mencegah bertambah parahnya gejala yang ditimbulkan untuk kedepannya. Anda dapat membawa anak anda ke klinik terapi sensori integrasi (SI) di Jakarta selatan AMG Clinic untuk mendapatkan terapi yang dilakukan oleh para terapis berpengalaman.

Posted in Layanan