Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Utara

Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Utara

Klinik Terapi Sensori Integrasi di Jakarta Utara AMG Clinic hubungi 02144403939

Masalah bicara dan dan bahasa biasa terjadi pada anak yang mengalami gangguan sensori integrasi. Terapis wicara dan okupasi terapis sangat memegang peranan penting untuk mengatasi masalah yang terjadi akbiat gangguan sensori integrasi. Terapis wicara sering memadukan antara aktivitas sensori ke dalam terapi yang diberikan kepada anak untuk merangsang produksi bahasa si anak. aktifitas seperti meniup terompet atau peluit, berayun, dan meloncat – loncat dengan bola therapeutic dapat memacu produksi bahasa secara spontan. Terapis wicara dan terapis okupasi biasanya bekerja bersamaan untuk memutuskan pendekatan terapi yang paling baik untuk diberikan kepada anak yang mengalami gangguan sensori integrasi.

Untuk beberapa kasus gangguan sensori integrasi yang dialamai oleh anak – anak, terapis okupasi biasanya bisa memberikan diet sensori yaitu suatu program yang dapat diberikan baik itu di klinik maupun di rumah yang berguna untuk mengulang atau menguatkan kemampuan – kemampuan yang sebelumnya telah dipelajari dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari – harinya.

Ciri – ciri umum pada anak yang mengidap gangguan sensori integrasi adalah seperti :

  1. Terlalu responsive atau sama sekali tidak merespon terhadap rangsangan indera.
  2. Tingkat aktivitas pada anak terlampau tinggai ataupun terlampau rendah (tidak seperti anak – anak biasanya)
  3. Bergerak terus – menerus atau terlalu medah lelah jika bergerak sedikit saja
  4. Kesulitan dengan gerakan otot yang membutuhkan konsentrasi penuh, msalnya menggunting kertas dengan mengikuti pola
  5. Kesulitan untuk menenangkan diri sendiri
  6. Kesulitan untuk mengubah aktivitas
  7. Koordinsai gerak antara mata dan tangan sangat kurang

Proses terapi untuk gangguan sensori Integrasi (SI) dapat dilakukan oleh terapis okupasi yang mempunyai spesialisasi di bidang sensori integrasi (SI). Terapis okupasi adalah terapis professional yang dapat membantu individu melakukan aktivitas ini termasuk melompat, memasang kancing, menulis, menggunakan alat makan, menggambar dan menulis. Tujuan dari terapi okupasi untuk membantu anak terbiasa dengan aktivitas khususmasa kecil seperti bermain dan menggambar. Terapi yang diberikan biasanya berbeda – beda tergantung kebutuhan anaknya masing – masing. Biasanya terapi dilakukan di tempat – tempat yang menyediakan fasilitas dan sarana khusus yang dapat membantu proses terapi seperti di klinik terapi sensori integrasi di Jakarta Utara adalah AMG Clinic.

Posted in Layanan